Berdasarkan kajian body of knowledges dan mempertimbangkan perkembangan ilmu kimia terkini dan masa depan, serta merujuk kepada SN DIKTI yang tertuang pada Permenristekdikti No 44 Tahun 2015 dan Perpres tentang KKNI No 8 Tahun 2012 lulusan magister setara dengan jenjang 8, maka kurikulum dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki capaian luaran pembelajaran yang ditetapkan oleh Prodi Magister Kimia FMIPA Unib.
Berdasarkan pada profil lulusan PS Magister (S2) Kimia FMIPA UNIB, maka kompetensi lulusan yang relevan dengan rumusan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan oleh Himpunan Kimiawan Indonesia adalah sebagai berikut:
Pengetahuan
- P1 Menguasai teori struktur dan sifat, energetika, kinetika, analisis, sintesis mikro dan makromolekul dan terapannya.
- P2 Menguasai konsep teoretis tentang fungsi instrumen kimia mutakhir dan cara pengoperasiannya, serta menguasai penerapan teknologi kimia yang relevan.
Keterampilan Khusus
- KK1 Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan kimia atau kimia terapan dengan menghasilkan model/metode/pengembangan teori yang akurat, teruji dan inovatif
- KK2 Mampu memecahkan masalah ipteks terkait dengan struktur, sifat, dan perubahan kimia pada tingkat mikro maupun makro molekul, melalui pendekatan eksperimen, deduksi teoretis atau komputasi/simulasi, dan pendekatan secara inter atau multidisiplin, dicirikan dengan dihasilkannya karya yang berpotensi untuk diterapkan dalam memecahkan masalah ipteks tersebut
- KK3 Mampu menerapkan ilmu kimia dalam rangka untuk membantu memecahkan permasalaan dan kebutuhan masyarakat pesisir dan Wilayah Hutan Tropis dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat
- KK4 Mampu mengaplikasikan dan menguasai pengetahuan konsep/teknologi ilmu kimia khususnya dibidang pemanfaatan bahan alam, kimia material dan katalisis, dan kimia analisis terapan.
KK3 dan KK4 memperlihatkan ke khasan Program Studi
Sikap dan Keterampilan Umum
- KU Mampu mengkomunikasikan secara aktif hasil-hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi baik tertulis maupun verbal dengan menjunjung tinggi etika ilmiah dan membuka diri terhadap kritik yang membangun
- S Mampu mengevaluasi diri, bekerjasama dalam tim, beretika, dan mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaannya secara mandiri